Tips
Loading...

5 Cara Menguasai Seni Penjualan


Penjualan telah menjadi semacam jiwa dari seluruh kegiatan ekonomi. Keberhasilan Anda sangat ditentukan oleh seberapa besar kemampuan Anda dalam melakukan penjualan untuk mendapatkan keuntungan, bukan hanya produk atau jasa Anda, namun juga bagaimana menjual diri Anda sendiri. Berikut adalah lima tanda-tanda bahwa Anda memiliki posisi yang baik untuk berhasil dalam seni menjual: 

1. Ingat! Bisnis Anda adalah mengenai orang.

Banyak penjual terjebak dalam apa yang mereka jual dan lupa bahwa mereka sebenarnya berada dalam bisnis orang dimana pelanggan Anda ingin diperlakukan secara pribadi. Grant Cardone, seorang sales expert internasional menceritakan pengalamannya sbb;
"Saya baru dari dokter gigi yang jelas telah lupa bahwa mereka sedang dalam bisnis gigi, namun mereka bisa membuat pasien bahagia dan nyaman." 

Mendapatkan perhatian dan mempertahankan minat pelanggan adalah masalah terbesar dalam bisnis. Cobalah Anda berkunjung ke setiap outlet-outlet besar, restoran, atau kantor profesional yang berserakan di setiap penjuru kota Anda. Hanya sedikit dari mereka yang secara hangat bisa menerima Anda.

"Sebelum saya mengunjungi atau bekerja dengan klien, saya mengingatkan pada diri sendiri bahwa mereka adalah individu yang unik dan layak mendapatkan perlakuan berbeda." Kata Grant menambahkan.

2. Fokuslah pada hasil, bukan usaha.

Permainan penjualan itu bukanlah seperti yang sering kita bayangkan misalnya; pengorganisasian, perencanaan atau pertemuan-pertemuan. Seni menjual adalah tentang mendapatkan hasil. Dalam seni penjualan ini biasanya akan menghabiskan waktu dengan obrolan ringan, bercanda, mentertawakan diri sendiri tentang kesibukan pekerjaan atau topik-topik ringan lainnya. Dan lagi, itu semua tidak dilakukan di depan pelanggan yang dapat dipastikan akan membeli produk kita. 

Keberhasilan Anda dalam penjualan adalah tentang mendapatkan hasil dan itu berarti memindahkan produk Anda ke tangan pelanggan lebih banyak lagi. Seorang tenaga penjualan yang hebat tahu persis bagaimana mendapatkan perhatian pelanggan dan menyajikan produk atau jasa mereka dengan cara yang menyebabkan pelanggan ingin membelinya. Jangan campur adukkan antara hasil dengan usaha.

3. Lakukan hal yang menantang.

Tenaga penjualan terbaik yang pernah dikenal bersedia menceburkan diri ke dalam cara-cara yang "berbahaya". Mereka begitu yakin dengan penawarannya, bersedia menemui dan berhadapan dengan pelanggan yang sulit, mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit, dan bertekad untuk mendapatkan penjualan. Melakukan hal-hal yang tidak biasa dan penuh tantangan adalah kehidupan para top performer. 

4. Buatlah pelanggan Anda takjub.

Seorang tenaga penjualan yang hebat akan mencari cara untuk menginspirasi keterlibatan pelanggan secara emosional dan menciptakan urgensi untuk memilikinya. Ketika Anda berhasil membuat pelanggan Anda takjub, maka Anda juga telah membuat perbedaan dengan pesaing dan menyebabkan mereka ingin menjadikan Anda sebagai bagian dari pengalamannya. Anda dapat menawarkan produk apapun, bahkan yang membosankan sekalipun, dan buatlah sebuah presentasi yang menakjubkan. 

5. Mintalah order.

Ini mungkin tampak sangat sederhana, tetapi kebanyakan tenaga penjualan tidak pernah meminta order. Sungguh kenyataan yang sulit dipercaya, namun memang begitulah faktanya. 

Belum lama ini kami baru saja selesai melakukan observasi dengan teknik Mystery Shopping pada beberapa perusahaan perbankan terkemuka. Hasilnya, lebih dari 70 persen dari mereka, Customer Service tidak meminta atau mendorong kita untuk menggunakan produk yang mereka jelaskan. Apa yang mereka lakukan adalah sebatas pemberian informasi produk.

inspired from entrepreneur
Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment