Tips
Loading...

CARA MEREKRUT PESERTA FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD)



Sebuah kelompok diskusi terfokus atau sering kita kenal dengan istilah Focus Group Discussion (FGD) biasanya terdiri dari 8 sampai 10 orang dengan latar belakang yang sama untuk membahas topik tertentu selama sekitar 1 ½ jam. Dengan menawarkan kompensasi pada peserta atas waktunya biasanya cukup untuk membuat orang bersedia untuk berpartisipasi.

Berikut ini kami akan coba menguraikan langkah-langkah selama proses perekrutan sehingga siapapun dapat merekrut peserta kelompok diskusi terfokus (FGD), atau setidaknya rekruter tidak akan kehilangan referensinya.

Tentukan terlebih dahulu populasi subkelompok mana yang akan digunakan dalam diskusi (FGD) berdasarkan tujuan penelitian. Jika tujuan diadakannya FGD ini adalah untuk menentukan rasa es krim terbaru misalnya, maka kelompok ini harus mencakup orang-orang yang sering (secara rutin) membeli es krim.

Menentukan kriteria peserta kelompok. Tentukan kategori peserta yang harus direkrut seperti jenis kelamin, etnis, usia, pendapatan atau pendidikan. Juga menentukan kriteria khusus lain untuk mendefinisikan kelompok, seperti "makan es krim yang berbeda setidaknya 4 kali sebulan."

Mengatur kuota kelompok sehingga ada kombinasi responden dalam kelompok. Kuota dapat diatur berdasarkan pengalaman marketing produk bersangkutan dengan target mereka atau dengan data sensus wilayah. Contoh: Rekrut 30 persen pria dan 70 persen wanita.

Susunlah screener survei (saringan) berdasarkan kriteria peserta yang yang ditetapkan. Setiap pertanyaan harus diajukan ke semua calon peserta untuk memastikan apakah mereka memenuhi syarat untuk menjadi peserta kelompok ini. Contoh pertanyaan; "Berapa kali dalam seminggu Anda makan es krim?"

Anda bisa merekrut peserta melalui telepon, email, direct mail atau kunjungan pribadi. Namun demikian kunjungan pribadi adalah yang paling direkomendasikan. Anda bisa mulai menanyakan kepada teman, rekan, atau kenalan mengenai terget responden Anda tersebut. Setelah target pertama ditemukan, maka selanjutnya Anda bisa minta referensi kepadanya. Biasanya mereka saling mengenal dengan orang yang memiliki kesamaan dalam selera atau aktifitas.

Anda juga bisa menggunakan jalur cepat dengan mengunjungi pusat-pusat penjualan es krim. Disana Anda akan langsung bertemu dengan para penggila es krim, dan mulailah dengan memperkenalkan diri Anda, lembaga Anda, dan sampaikanlah maksud Anda secara jelas dan sopan. Jangan lupa untuk menggunakan survei screener untuk melacak kelompok kuota dan nama yang direkrut, seperti alamat dan nomor telepon.

Hubungi mereka melalui email atau telepon untuk mengingatkan mengenai jadwal, tanggal dan waktu, termasuk peta dan nomor kontak untuk fasilitas kelompok diskusi terfokus ini. Kirimlah informasi ini secara elektronik jika Anda mengumpulkan alamat email selama perekrutan. Saring dan lakukanlah konfirmasi ulang 2 – 3 hari sebelum kelompok diskusi terfokus dilaksanakan.

Semua tahapan diatas tentu saja akan memakan waktu dan biaya. Jika Anda atau Perusahaan Anda ingin menghemat waktu dan biaya, kami menyarankan untuk menggunakan tim riset pasar yang telah berpengalaman melakukan tugas-tugas tersebut diatas. Anda juga bisa menghubungi kami melalui email di halaman CONTACT.

Share on Google Plus

About Admin

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment