Berikut ini beberapa alasan penting mengapa sebuah perusahaan harus melakukan riset segmentasi pasar secara hati-hati.
Penyesuaian terhadap kebutuhan pelanggan
Seperti kita ketahui bahwa kebutuhan pelanggan berbeda-beda. Dengan membuat penawaran yang berbeda untuk masing-masing segmen dapat memberikan solusi yang lebih baik bagi pelanggan.
Peningkatan keuntungan bisnis
Pelanggan memiliki disposable income yang berbeda. Perbedaan ini terletak pada seberapa sensitif (tingkat sensitifitas) mereka terhadap harga. Dengan segmentasi pasar, perusahaan dapat menaikkan harga rata-rata dan selanjutnya meningkatkan keuntungan.
Memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berkembang
Segmentasi pasar dapat membangun penjualan. Sebagai contoh, pelanggan dapat didorong untuk "trade-up" setelah diperkenalkan ke produk tertentu dengan pengantar, produk berharga murah.
Mempertahankan pelanggan
Keadaan pelanggan berubah, misalnya mereka tumbuh dewasa, membentuk keluarga, pekerjaannya berubah atau dipromosikan. Itu semua akan mengubah pola pembelian mereka. Dengan memasarkan produk yang menarik bagi pelanggan di tiap-tiap tahap kehidupan mereka ("siklus hidup"), maka suatu bisnis dapat mempertahankan pelanggannya yang telah dinyatakan mungkin beralih ke produk atau merek pesaing.
Komunikasi dengan target pasar
Dalam bisnis perlu untuk menyampaikan pesan pemasarannya (iklan) kepada khalayak pelanggan yang menjadi target pasarnya. Jika target pasar terlalu luas (tidak ter-segmentasi), maka hal ini akan memiliki resiko tinggi seperti; (1) pelanggan kunci justru terlewatkan, dan (2) biaya komunikasi kepada pelanggan juga menjadi terlalu tinggi / tidak menguntungkan. Namun dengan melakukan segmentasi pasar, maka pencapaian pesan terhadap target pelanggan menjadi lebih sering dan pada saat yang sama biaya-pun jadi lebih rendah
Menambah pangsa segmen pasar
Seringkali usaha kecil menderita kekurangan skala ekonomi dalam hal produksi dan pemasaran, tekanan dari distributor dan ruang gerak yang terbatas. Namun dengan segmentasi dan penentuan target pasar, maka sebuah bisnis kecil dapat mencapai produksi dan biaya pemasaran yang kompetitif dan akan menjadi pilihan yang lebih disukai baik oleh pelanggan maupun distributor. Dengan kata lain, segmentasi pasar menawarkan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan kecil untuk bersaing dengan perusahaan yang lebih besar secara efektif. [tris*]
Blogger Comment
Facebook Comment