Tips
Loading...

PERBEDAAN RISET PASAR dan RISET PEMASARAN


Boleh jadi Anda pernah mempertanyakan tentang perbedaan antara Riset Pasar dan Riset Pemasaran. Meskipun kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, namun keduanya memiliki beberapa poin yang berbeda.

Perbedaan utama Riset Pasar dan Riset Pemasaran terletak pada ruang lingkup konsep. Riset Pasar memiliki konsep yang lebih sempit karena penelitiannya difokuskan pada pasar tertentu. Sedangkan Riset Pemasaran memiliki cakupan yang jauh lebih luas.

Riset Pasar biasanya meliputi bidang-bidang khusus seperti penelitian tentang; produk, harga, saluran distribusi, kepuasan pelanggan, citra perusahaan, merek, evaluasi iklan, dan lain sebagainya.

Kedua konsep tersebut merupakan bagian integral dari wilayah pemasaran secara menyeluruh, yang pada dasarnya adalah segala sesuatu yang terjadi bahkan sebelum dilakukannya proses produksi suatu produk atau jasa.

Secara ringkas kita bisa memahaminya bahwa; Riset Pasar adalah merupakan bagian dari Riset Pemasaran.

Menggunakan "Empat P" untuk membedakannya
  1. Product (produk)
  2. Price (harga)
  3. Place (tempat)
  4. Promotion (promosi)
Berikut uraian ringkas mengenai "Empat P" dalam pemasaran.

Riset Pemasaran mencakup keempat langkah yang memungkinkan untuk mengidentifikasi dan memahami preferensi konsumen. Sementara di sisi lain, Riset Pasar biasanya hanya mencakup satu dari empat langkah di atas, misalnya tentang place (tempat). Tempat di sini mencakup analisis pasar tertentu atau segmen. Oleh karenanya riset pasar dalam hal segmen ini hanya berorientasi pada pelanggan dan pengukuran permintaan pasar saja.

Riset Pemasaran melakukan penelitian untuk mendapatkan informasi tentang preferensi konsumen dan produk. Sedangkan Riset Pasar melakukan penelitian untuk mendapatkan informasi tentang tempat (segmen) pelanggan, persaingan, dan industri pada umumnya.

Kesamaan Antara Riset Pasar dan Riset Pemasaran

Meskipun mereka memiliki tujuan yang berbeda, namun keduanya memberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, mencari jawaban, dan menggunakan jawaban-jawaban yang diperoleh melalui sebuah penelitian sebagai referensi perbaikan di masa depan sehingga keputusan-keputusan bisnis yang dilakukan menjadi lebih baik.

Note: Namun demikian, ada juga yang membedakan cakupan antara Riset Pasar dengan Riset Pemasaran berdasarkan hasil pencarian di Google seperti gambar di bawah ini:


Ada sekitar 5x lebih banyak hasil pencarian dengan kata kunci "market research" (57.6m) vs "marketing research" (10.2m). Dari sini disimpulkan; karena "market research" yang lebih umum digunakan, maka diyakini memiliki cakupan definisi yang lebih luas.

Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment