Tips
Loading...

PELUNCURAN PRODUK BARU YANG SUKSES


Di tengah membanjirnya produk-produk baru di pasaran, ditambah lagi dengan begitu gencarnya informasi kepada pelanggan, maka akan semakin sulit bagi produk baru Anda untuk mendapatkan perhatian banyak pelanggan.

Padahal untuk menarik perhatian pelanggan terhadap produk baru Anda di awal peluncuran adalah merupakan hal yang penting dibanding jika produk Anda dikenal di kemudian hari. Sekitar setengah dari penjualan dan keuntungan dari produk baru yang Anda dapatkan setelah peluncuran produk itu sendiri.

Peluncuran produk baru yang sukses tidak hanya akan membuat produk Anda menonjol di pasaran, tetapi juga akan meningkatkan penjualan, permintaan yang berulang, dan tentu saja keuntungan.

Berikut beberapa petunjuk perencanaan peluncuran produk baru;

Mengidentifikasi tujuan dari peluncuran produk yang terukur. Mengetahui apa yang ingin Anda capai berkaitan dengan perusahaan, prospek, pakar industri dan media. Kemudian, komunikasikan tujuan Anda dengan semua pihak terkait dan dapatkan dukungan mereka.

Melakukan riset pasar. Cari tahu apa yang diinginkan oleh target pasar Anda melalui survei, kelompok diskusi terfokus, dan media social jika memungkinkan. Pastikan untuk menyertakan pelanggan saat ini dan pelanggan potensial dalam riset Anda. Pelajari juga tentang pesaing Anda untuk mengetahui adakah produk serupa yang juga mereka tawarkan, harganya, strategi pemasaran, dan periklanan.

Mengembangkan posisi penjualan Anda yang unik. Apa yang membedakan produk Anda dari orang lain di pasaran. Kemudian mengujinya untuk melihat apakah itu cukup menarik bagi pelanggan potensial Anda. Contoh dari posisi penjualan yang unik adalah ‘bebas ongkos kirim’ atau ‘beli 2 dapat 3’, dan lain sebagainya.

Mengembangkan rencana peluncuran produk secara menyeluruh, yang harus mengidentifikasi tugas, penetapan jadwal, dan tanggung jawab kegiatan. Rencana peluncuran harus membahas mengenai sumber daya, anggaran, hubungan masyarakat, branding dan positioning, kesiapan produk, penjualan dan pemasaran, dan juga media sosial. Rencana tersebut juga harus memberikan ruang bagi Anda untuk melacak dan memantau kemajuan peluncuran produk Anda tersebut.

Pra-Peluncuran

Lihatlah gambaran produk Anda. Biarkan sejumlah target potensial Anda untuk mencoba produk Anda, dan berikan kesempatan pada mereka untuk berkomentar di forum publik. Hal ini memiliki dua tujuan; Pertama, Anda dapat mempelajari apakah ada perubahan yang harus dilakukan pada produk Anda. Kedua, dengan melepaskan komentar kepada publik, hal itu akan menciptakan ketertarikan dan rasa penasaran tentang produk Anda sebelum peluncuran resminya.

Gunakan media sosial untuk memperkuat kualitas produk Anda, baik melalui blog, wawancara, maupun ulasan/komentar pelanggan.

Lakukan sebuah pertemuan yang menarik di mana Anda akan memperkenalkan produk dan menjelaskan rencana peluncuran pada semua orang di perusahaan Anda. Pertimbangkan juga untuk memberikan beberapa produk kepada karyawan sebagai hadiah. Salurkan semangat Anda kepada karyawan perusahaan Anda tentang produk, dan pada gilirannya mereka akan menjadi sebuah kekuatan tambahan ketika mereka berbicara tentang produk tersebut kepada teman-teman dan tetangga.

Tingkatkan pengetahuan tentang produk kepada tenaga penjualan Anda, bagaimana, dan apa saja manfaatnya bagi pelanggan. Selain itu, pastikan mereka memiliki semua bahan yang mereka butuhkan untuk mempromosikannya.

Share on Google Plus

About Admin

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment