Tips
Loading...

7 RAHASIA BISNIS YANG HARUS DIKETAHUI


Jika Anda bertanya kepada 20 pemimpin bisnis tentang definisi pemasaran, mungkin Anda akan mendapatkan 20 jawaban yang berbeda. Mengapa pemasaran begitu sulit untuk dijabarkan?

Boleh jadi sebagian besar marketer sendiri yang kurang menyadari bahwa mereka menghabiskan karirnya hanya dalam lingkup yang sempit sehingga tidak sempat melihat gambaran marketing secara komprehensif. Namun, terlepas dari gambarannya yang samar, pemasaran justru memiliki peran sangat penting dalam bisnis.

Menurut bapak manajemen modern, Peter Drucker, "Karena tujuan bisnis adalah untuk menciptakan pelanggan, maka perusahaan hanya memiliki dua fungsi dasar yaitu Pemasaran dan Inovasi, dimana pemasaran adalah sebagai pembedanya. Inilah sebuah fungsi yang unik dari bisnis"

Jadi, apa sebenarnya pemasaran itu? Legendaris Silicon Valley, seorang kapitalis ventura dan mantan eksekutif Intel Bill Davidow mengatakan, "Pemasaran harus menciptakan produk yang lengkap dan mengantarkannya ke posisi terdepan dalam segmen pasar yang dapat dipertahankan." Orang harus tahu itu. Dia menulis dalam buku seminar pada pemasaran berteknologi tinggi.

Lucunya, Davidow sama sekali tidak belajar pemasaran di sekolah. Semua pendidikan yang diselesaikannya adalah di bidang teknik listrik. Di sisi lain, Steve Jobs, seorang marketer yang brilian, ternyata juga putus sekolah. "Saya telah menjalankan pemasaran di sejumlah perusahaan berteknologi tinggi, padahal pendidikan saya bersifat teknis, bukan MBA dalam bidang pemasaran." katanya.
Jadi bagaimana seorang marketer besar belajar tentang pemasaran? Pada pekerjaan!
Perusahaan-perusahaan baru adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan pelajaran pemasaran karena mereka lebih banyak mengembangkan produk-produk inovatif dan fokus pada bagaimana mendapatkan pelanggan, tidak lebih dari itu. Di samping itu, mereka biasanya kekurangan dana tunai sehingga membutuhkan orang-orang yang dapat bekerja dalam situasi yang fleksibel, dimana aturan dan tugas bisa saja berbeda-beda. "Seperti itulah saat saya mulai dalam bidang pemasaran lebih dari 20 tahun yang lalu." tukasnya.

Berikut adalah 7 fakta yang dia pelajari sepanjang perjalanan kariernya. Setiap pemimpin bisnis harus tahu hal-hal berikut:

1. Semua orang menganggap pemasaran itu menggairahkan

Banyak sekali jumlah "Ahli" (dalam tanda petik) di bidang pemasaran dibanding bidang-bidang lain. Mungkin ini dikarenakan tingginya permintaan, sementara ketersediaan ahli sedikit, maka sangat mudah bagi orang untuk mengaku ahli. Seperti David Hornik Agustus Capital pernah berkata, "VC suka menganggap dirinya adalah para genius pemasaran." Alasan mereka sangat sederhana "mereka bisa bersikap sebagai ahli jauh lebih meyakinkan daripada di bidang lain." Dan mereka bukanlah satu-satunya.

2. Merek-lah yang menang

Kembali pada zaman keemasan AOL, Bob Pittman pernah mengatakan, "Coca-Cola tidak memenangkan uji rasa, sistem operasi yang dimiliki Microsoft juga bukan yang terbaik. Namun kita semua tahu, pada akhirnya Merek-lah yang menang." Di sinilah peran penting dalam membangun Brand Image.

3. Pemasaran adalah tentang memahami orang

Ini semua adalah tentang menentukan apa yang diinginkan pelanggan, kadang-kadang bahkan sebelum pelanggan tersebut menyadarinya. Jika Anda punya bakat dalam hal semacam ini, percayalah pada intuisi Anda. Ingatlah bahwa, dalam dunia bisnis B2B sekalipun, setiap produk yang dibeli adalah oleh seorang manusia! Anda bisa buktikan sendiri jika Anda termasuk dalam kategori bisnis ini. Jika Anda menjual peralatan kesehatan untuk rumah sakit misalnya, Anda perlu mengetahui harapan dan keinginan para bagian pembelian di rumah sakit. Siapa mereka? Manusia!

4. Inovator dan modifikator konsep

Para penemu besar datang dengan konsep orisinil yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun seorang marketer besar cenderung berinovasi untuk mengubah penemuan menjadi hal yang mungkin bisa diaplikasikan pada bisnisnya. Pemasaran berkembang pada penggunaan kembali ide-ide dengan cara baru. Acara perdana merek Intel Inside sebenarnya bahan skema pemasaran, seperti kemacetan Smuckers dalam Pop Tarts yang disesuaikan dengan industri PC.

5. Pemasaran memegang peran penting

Pemasaran adalah pusat dari roda bisnis, yaitu bertemunya aktifitas penting seperti; pengembangan produk, manufaktur, keuangan, komunikasi, dan penjualan. Pejabat kepentingan pemasaran adalah setiap fungsi penting dalam perusahaan. Setiap anggota dari tim kepemimpinan merupakan tambahan dari departemen pemasaran.

6. Pasar permainan Zero-Sum

Bertentangan dengan kebijaksanaan populer, dalam bisnis menang adalah segalanya. Setiap transaksi memiliki satu pembeli dan satu penjual. Jika Anda melakukannya dengan benar, maka baik pembeli maupun penjual keduanya dalam posisi menang. Zero-sum ini menunjukkan elemen teori permainan di mana jumlah yang hilang selalu sama dengan jumlah yang diperoleh.

7. Anda tidak perlu anggaran besar untuk membuat gebrakan besar

Dengan menjalankan strategi komunikasi yang tepat, seorang marketer besar dapat menciptakan gelombang virus kegembiraan dan permintaan pelanggan pada sebuah perusahaan atau produk yang orang tidak pernah mendengar sebelumnya. Dan hal itu dapat dilakukan dengan anggaran yang ketat. Steve Jobs adalah seorang master dalam menjaga kerahasiaan dan tahu persis kapan dan bagaimana mulai membukanya. Ia membuka rahasianya tepat saat orang mulai belajar sesuatu tentang produk Apple.

*edited from entrepreneur
Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment