Tips
Loading...

CARA MENINGKATKAN PENJUALAN


Tingkat penjualan yang tinggi sangat penting bagi keberhasilan setiap perusahaan yang menghasilkan produk, baik berwujud maupun tidak berwujud. Semakin tinggi sebuah perusahaan menjual produk, maka akan (relatif) semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan. Upaya meningkatkan penjualan juga sangat penting bagi kesuksesan sebuah bisnis dimana banyak perusahaan mempekerjakan seluruh tim penjualan dan pemasarannya untuk menciptakan dan menerapkan strategi penjualan.

Ketika tim-tim tadi menjual dibawah standar sebagaimana diinginkan perusahaan, maka seringkali perusahaan meminta bantuan dari pihak luar (outsource) untuk menilai dan memotivasi tim penjualan mereka. Biasanya hal ini dilakukan dalam bentuk training, motivasi, atau sejenisnya.

Sebelum Anda melibatkan trainer atau motivator dari luar yang biasanya membutuhkan biaya mahal, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan kinerja penjualan Anda.

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan;
  1. Mengidentifikasi tujuan dan masalah yang sedang dialami perusahaan Anda. Identifikasi ini harus terukur dan akurat. Pilihlah masalah yang bersifat mendesak atau tujuan yang akan berdampak langsung pada perusahaan Anda.
  2. Lihatlah catatan penjualan tim Anda. Bicaralah dengan manajer penjualan untuk mengetahui karyawan yang memiliki keberhasilan tertinggi dalam penjualan di daerah yang telah Anda identifikasi .
  3. Konsultasikan kepada karyawan yang berkinerja tinggi untuk mencari tahu bagaimana proses penjualan yang telah mereka lakukan saat mereka menjual produk Anda. Mintalah saran mereka pada masalah yang Anda hadapi saat ini. Wawancarailah sebanyak mungkin karyawan –karyawan ini dan inventarisir semua informasi yang mereka berikan.
  4. Kembangkan strategi penjualan baru dengan mengidentifikasi kesamaan utama antara respon para karyawan, dan terjemahkanlah kedalam proses yang sederhana dan mudah untuk diikuti oleh tim lain atau mengembangkan daftar perbaikan bagi karyawan Anda dengan didasarkan pada saran ini.
  5. Terapkan strategi penjualan baru dengan mengkomunikasikan pada karyawan penjualan Anda. Anda bisa melakukan hal ini baik melalui handout, pertemuan kelompok atau bahkan seminar pelatihan.
Share on Google Plus

About Admin

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment