Tips
Loading...

Perbedaan Segmentasi Pasar Vs Target Pasar


Segmentasi pasar dan target pasar merupakan dua bagian dalam proses pemasaran. Meskipun kedua istilah ini sering digunakan secara bergantian, namun ada perbedaan yang jelas diantara keduanya, yaitu bahwa segmentasi pasar dilakukan sebelum menentukan target pasar.

Proses

Segmentasi pasar terjadi ketika perusahaan memutuskan bahwa mereka ingin mengidentifikasi jenis kelompok konsumen dimana mereka dapat memasarkan produk atau jasa mereka. Sementara target pasar ditentukan setelah perusahaan mengidentifikasi konsumen mana mereka akan menjual produk atau jasa mereka.

Fungsi

Menurut Prinsip Pemasaran Kotler dan Armstrong, segmentasi pasar digunakan untuk meneliti seluruh pasar secara keseluruhan dan kemudian menempatkan konsumen dalam kelompok terpisah berdasarkan karakteristik umum. Perusahaan kemudian memutuskan kelompok mana yang terbaik dan terkonsentrasi pada penjualan mereka, yang juga disebut sasaran pemasaran.

Fitur

Segmentasi pasar dapat didasarkan pada variabel seperti perilaku, demografi (jenis kelamin, usia, pendidikan, dan pendapatan), geografi, dan karakteristik psikografis, atau yang didasarkan pada gaya hidup dan kepribadian.

Identifikasi

Sebuah target pasar akan diidentifikasi setelah perusahaan mengevaluasi semua segmen pasar dan menentukan kelompok sasaran yang paling tepat, sekaligus menguntungkan.

Positioning

Pemasaran produk melalui iklan, yang juga dikenal sebagai positioning, tidak bisa terapkan dengan benar sebelum segmentasi pasar dilakukan untuk kemudian menentukan target pasar. [eHow]

Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment