Tips
Loading...

Tips Mendirikan Usaha Kecil yang Sukses


Bahkan Bill Gates sekalipun memulainya dari usaha kecil. Dan dia sendiri tak menduga akan memperoleh keberhasilan seperti sekarang.

Berikut 10 tips usaha kecil yang layak dipelajari demi meraih kesuksesan Anda.

Tips ini akan memberikan fakta-fakta sederhana yang akan menjadikan Anda lebih realistis dalam berbisnis, tidak menggantungkan angan tinggi di atas awan.

Tentukan Target Pasar Anda

 
Bisnis Anda tidak akan menampung kebutuhan semua orang. Tentukan ceruk atau pangsa pasar Anda yang lebih spesifik dan tingkatkan daya tarik Bisnis Anda.

Buatlah Bisnis Anda Berbeda

 
Jika pesaing Anda melakukan sesuatu, jangan meniru. Tetaplah membuat bisnis Anda terlihat menonjol di pasar yang penuh sesak dengan begitu banyak iklan dan produk yang terlihat sama.

Membangun Tim


Jangan mempekerjakan karyawan untuk mengisi posisi. Namun Pekerjakanlah mereka untuk menjadi bagian dari tim Anda dalam membangun bisnis.

Bergerak Cepat

Banyak pepatah yang mengatakan bahwa "waktu adalah uang". Kenyataannya waktu memang telah menjadi semacam komoditas yang paling berharga. Ketika pengiriman diperkirakan akan tiba di hari Jumat misalnya, upayakan untuk sampai di hari Kamis sore. Segera lakukan konfirmasi baik via telepon ataupun kirim email.

Ucapkan Terima Kasih

Terimakasih banyak! Katakan pada pelanggan maupun karyawan Anda bahwa Anda sangat menghargai mereka. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukannya dengan cara kuno; mengambil pena dan menuliskannya di atas kertas.

Konsisten


Pastikan bisnis Anda memiliki tampilan dan nuansa yang konsisten. Pelanggan harus mendapatkan rasa (layanan) yang sama dari setiap orang dalam bisnis Anda. Selalu!

Tersenyumlah


Buanglah jauh-jauh pikiran bahwa alasan orang membeli dari Anda adalah karena harga, kualitas produk, atau garansi. Mereka membeli dari Anda karena mereka menyukai Anda!

Bersikap Optimis


Selalu mengatakan bahwa gelas itu setengah penuh (bukan setengah kosong). Ini adalah sebuah sikap optimis dalam memandang sesuatu. Sikap akan selalu menang, dan pada akhirnya akan menular kepada semua orang di sekitar Anda.

Menjual Kemudahan

Jangan pernah menjual yang sulit-sulit. Menyelesaikan masalah. Memenuhi keinginan. Lakukan apa yang benar-benar terbaik untuk pelanggan Anda.

Tetaplah pada Posisi Nyaman

Jangan pernah menerima gagasan yang Anda sendiri sudah sering melakukannya. Jangan pernah menerima ide atau teknologi baru yang tidak bisa diterapkan pada bisnis Anda.

edited from about.com

Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment