Tips
Loading...

Meningkatkan Bisnis di Tahun 2015


Awal tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk mengevaluasi kebiasaan kerja kita, memunculkan ide-ide yang belum terrealisasi, dan melakukan perbaikan dalam bisnis kita.

Setiap tahun banyak sekali pelajaran yang bisa diambil, sehingga tidak pernah ada kata terlambat untuk merenungkan apa yang telah kita pelajari dari pengalaman, untuk kemudian mempraktekkan pengetahuan tersebut dalam bisnis yang lebih baik di masa mendatang.

Dalam rangka menyambut tahun baru, berikut ini beberapa hal yang bisa kita perbaiki di awal tahun 2015 ini untuk meningkatkan kualitas bisnis kita.

1. Hadapilah tantangan Anda

Mengetahui kekuatan dan kelebihan sendiri memang tidak sulit. Namun untuk menemukan kelemahan dan kemudian memperbaiki diri kita terkadang membuat gerakan kita menjadi lamban. Tapi bagaimanapun juga, kita harus menyadari tentang pentingnya membuat sebuah perubahan dalam diri kita.

Memang, ada jutaan alasan untuk menguatkan kata "saya tidak bisa" dan sebagian besar intinya hanya karena rasa kekhawatiran.

Sekarang, manfaatkanlah tahun 2015 ini untuk mengidentifikasi dan membangun bagian yang menantang dalam bisnis kita. Mengikuti training atau seminar-seminar memang bagus, tetapi sebagai pengusaha, kita perlu tindakan sekarang. Kita harus proaktif dengan beralih ke internet, misalnya. Carilah informasi, artikel, mentor, dan tutorial online yang sekiranya bisa membantu.

2. Seimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi

Pencampuran antara urusan bisnis dan kehidupan pribadi adalah dua hal yang bisa berpengaruh negatif, dan pada gilirannya akan menciptakan ketidakseimbangan dalam bisnis Anda. Solusinya, Anda harus menyeimbangkan kedua kepentingan tersebut. Fokuslah pada apa yang Anda sukai dengan tetap menjaga niat Anda untuk memiliki lebih dari itu dalam hidup Anda.

Di tahun 2015, cobalah untuk mencari cara yang cepat dan mudah untuk meng-kolaborasikan antara kehidupan pribadi dan kehidupan profesional menjadi gaya hidup sehat dengan bekerja lebih baik untuk Anda, pekerjaan, dan tentu saja orang-orang yang Anda cintai.

3. Biarkan aplikasi yang bekerja

Waktu Anda sering terbuang karena proses pekerjaan secara manual terlalu lama? Di era digital seperti sekarang, sangat mungkin ada sebuah aplikasi untuk menggantikan proses itu. Ambil alih pekerjaan manual dan biarkan aplikasi yang bekerja untuk Anda. Misalnya, mungkin Anda sedang mengumpulkan masukan dari pelanggan mengenai kepuasan mereka terhadap produk atau layanan Anda. Sekarang ini, Anda tidak perlu mencetak form isian dan terjun langsung menemui pelanggan. Anda hanya perlu akun dan login ke website yang menyediakan form isian secara online. Form online ini bekerja 24 jam nonstop, dan feedback dari pelanggan akan otomatis masuk ke email Anda.

Jika pekerjaan Anda memerlukan begitu banyak waktu, cobalah untuk mencari apakah ada alat yang dapat menggantikannya, dan membuat hidup Anda jadi lebih mudah.

4. Berikanlah bantuan

Ketika ada seseorang meminta bantuan pada Anda, cobalah pikirkan bagaimana cara membantu orang itu tanpa mengganggu kehidupan Anda. Anda tidak akan pernah tahu jika suatu saat Anda juga memerlukan bantuannya. Anda tidak harus memberikan sesuatu yang besar-besar, namun cukup bisa membantunya. Mungkin bentuknya bisa buku, informasi, atau artikel digital yang relevan. Saya sendiri senang berbagi e-book yang sekiranya bermanfaat.

5. Buatlah catatan kartu nama

Seringkali kita menerima kartu nama dengan informasi yang terbatas. Segera menuliskan catatan untuk membantu mengingat informasi rinci yang tidak termuat dalam kartu nama. Hal ini bisa berupa; kepentingan mereka, tujuan, almamater, atau hari ulang tahunnya. Ingat, ini memerlukan tindakan cepat dan segera, karena jika Anda menundanya, kemungkinan besar akan terlupakan.

edited from entrepreuneur
Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment