Tips
Loading...

Cara Melakukan Sendiri Riset Pasar Anda


Melakukan sendiri riset pasar secara sederhana pada dasarnya tidaklah sulit, meskipun ini memang cukup memakan waktu.

Jika Anda memiliki bisnis kecil misalnya, setiap kali Anda berbicara dengan pelanggan tentang apa yang dia inginkan, atau terlibat percakapan dengan sales yang biasa memasok bisnis Anda, pada dasarnya Anda telah melakukan riset pasar.

Penelitian pasar yang dilakukan secara informal seperti ini memang seringkali tanpa kita sadari.

Namun demikian, walaupun Anda telah melakukan penelitian informal tadi, penelitian pasar yang lebih formal juga diperlukan untuk menjaga bisnis Anda tetap eksis dan berkembang. Baiklah, mari perhatikan tabel riset pasar berikut.

Tabel Riset Pasar

http://inisekarayu.blogspot.com/

Tabel diatas menunjukkan ada  dua jenis sumber data (kolom paling kiri) dan tiga bidang penelitian yang penting bagi bisnis apapun. Pada Kolom 'PELANGGAN' Anda perlu mengumpulkan informasi dari dan tentang pelanggan Anda untuk memfokuskan upaya pemasaran, mempertahankan dan meningkatkan layanan pelanggan, dan untuk dijadikan referensi usaha dalam mengembangkan produk dan/atau layanan baru.

Seperti terlihat pada tabel diatas pula, informasi yang dikumpulkan pada kolom 'PERSAINGAN' dapat membantu menentukan apa yang telah berhasil dan apa saja yang belum berhasil dalam bisnis, memberikan referensi untuk meningkatkan produk dan / atau jasa, dan memberikan pemahaman tentang bagaimana meningkatkan atau menggeser pangsa pasar Anda.

Pada kolom 'LINGKUNGAN' mengacu pada ekonomi, sosial, dan politik yang akan membentuk bisnis Anda. Mengumpulkan informasi tentang aspek lingkungan ini bermanfaat untuk mempertimbangkan apakah Anda tetap akan mengikuti tren tertentu atau peristiwa yang dapat berpengaruh pada bisnis Anda. Informasi ini bisa berupa perkiraan adanya penurunan tingkat suku bunga misalnya, atau penutupan pabrik lokal, dan Anda harus waspada dan memperkirakan efek terhadap bisnis, baik positif ataupun negatif.

Kumpulkan juga Data Sekunder, yaitu data yang telah diterbitkan oleh pihak lain. Misalnya direktori telepon, baik cetak atau online, publikasi pemerintah, Biro Pusat Statistik (BPS), jurnal perdagangan, dan lain sebagainya. Informasi ini merupakan contoh informasi yang telah tersedia yang dapat digunakan untuk memperbaiki bagian-bagian dari bisnis yang mungkin perlu perbaikan sesuai keinginan pelanggan. Di samping itu, Anda akan mengetahui kondisi persaingan yang sedang berlangsung.

Sekarang sumber Data Primer yang diperoleh secara langsung dari sumbernya. Jika Anda mengajukan pertanyaan kepada pelanggan, maka Anda telah mengumpulkan informasi langsung dari sumbernya, yaitu pelanggan Anda. Data primer ini memang bisa jadi yang paling banyak makan biaya dan waktu. Namun demikian, data primer ini juga yang paling berharga, karena data ini merupakan data terkini (update) dan spesifik yang diperoleh secara langsung dari pelanggan.
 

Bagaimana langkah melakukannya?   >>Next

Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment