Tips
Loading...

CARA MEMBANGUN CITRA DIRI yang POSITIF


Memiliki citra diri positif dapat membuat Anda lebih percaya diri dan bahagia. Jika Anda sedang merasa depresi atau stress, cobalah untuk membangun citra diri Anda dengan langkah-langkah berikut:

Berhentilah mengkritik diri sendiri. Jika Anda merasa ada sesuatu yang salah pada diri Anda, jangan fokuskan pikiran Anda pada hal tersebut. Anda bisa meyakinkan diri dengan mengatakan bahwa tanpa itu semua, Anda tidak akan sempurna. Fokuslah pada sisi-sisi positif yang Anda miliki.

Saat Anda memandang ke cermin, tersenyumlah. Dengan tersenyum, Anda akan merasa lebih baik, sebaliknya jika Anda mengerutkan kening, ini akan membuat Anda merasa (terkesan) bersedih .

Setiap malam sebelum tidur, tulislah daftar sepuluh hal yang Anda sukai tentang diri Anda. Ini boleh apa saja, tentang penampilan, kepribadian, atau apa pun.

Dapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas. Jika Anda memiliki cukup waktu tidur, maka Anda akan lebih terlihat bahagia dan positif .

Kenakan pakaian yang pantas. Jika Anda menyadari bahwa Anda terlihat baik dari luar, maka Anda akan merasa lebih baik pula di dalam.

Buatlah rambut Anda terlihat bagus dan gunakan make-up sewajarnya jika memang diperlukan. Jangan ragu untuk memotong rambut dengan model yang pantas. Mungkin Anda akan menerima kritikan dari beberapa teman bahwa hal ini adalah upaya untuk menutupi diri Anda yang asli. Tapi ingat, "Jangan dengarkan mereka!", karena Anda perlu tampil sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Sekali lagi, Jika Anda menyadari bahwa Anda terlihat baik dari luar, maka Anda akan merasa lebih baik pula di dalam.

Lakukanlah hal-hal yang Anda minati. Jika Anda suka menulis, menulislah. Jika Anda suka menari, menarilah. Jika Anda menyukai dunia penelitian, masuklah dengan totalitas. Dengan melakukan sesuatu yang membuat Anda senang akan meningkatkan kepercaya diri Anda.

Jadilah diri sendiri. Inilah yang akan membuat Anda sangat bahagia dan merasa nyaman tentang diri Anda. Orang-orang yang menerima Anda, dan tidak mencoba untuk mengubah diri Anda adalah teman Anda yang sesungguhnya.

Tuliskan semua ciri khas Anda, baik yang positif maupun negatif. Kemudian coretlah daftar sifat-sifat yang ingin Anda singkirkan, kemudian tuliskan daftar sifat-sifat yang ingin Anda kembangkan.

Lakukan sesuatu yang akan membuat Anda bangga pada diri Anda sendiri, namun bukan takabur. Sekali waktu, cobalah untuk keluar dari zona rutinitas Anda. Lakukan sesuatu yang Anda anggap berani. Tentu saja ini tidak berarti Anda boleh melakukan hal-hal sembrono, seperti melawan hukum, misalnya.

Biarkan diri Anda lepas dari beban dan bersenang-senanglah! Boleh jadi Anda sedang berada di bawah banyak tekanan (stres). Untuk sementara waktu, lupakan saja! Hal ini akan membuat Anda jauh merasa lebih bahagia. [WikiHow]
Share on Google Plus

About Sekar Ayu

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment