Tips
Loading...

BAGAIMANA MEMBANGUN CITRA MEREK


Merek (brand) adalah sekumpulan gambar atau ide yang mewujudkan suatu produk, jasa, atau bisnis. Atribut-atribut seperti nama, logo, slogan, dan desain dapat memberikan kontribusi pada merek Anda. Dengan menciptakan citra merek yang kuat pada produk Anda dapat membantu membangun loyalitas pelanggan dan mendorong pelanggan untuk merekomendasikan bisnis Anda ke teman-teman dan keluarga mereka.

Sebuah merek yang kuat merupakan aspek yang memiliki nilai tambah produk bagi banyak konsumen. Sering kali konsumen membeli suatu produk hanya karena merek yang melekat pada produk tersebut. Sebagai contoh, untuk kategori produk pembersih pakaian misalnya, konsumen mungkin bersedia membayar lebih untuk 'Rinso' ketimbang 'So Klin' karena merek yang kuat terkait dengan nama Rinso.

Jadi faktor apa saja sebenarnya yang terkait dengan merek dan bagaimana Anda membangun merek dengan anggaran yang terbatas?

Nama dan Slogan

Nama perusahaan merupakan faktor penting. Mungkin saat Anda membaca ini, Anda sudah memiliki nama perusahaan yang tetap. Penting pula untuk diingat bahwa mengubah nama di tengah jalan bukan merupakan ide yang baik, jadi bekerjalah dengan apa yang Anda miliki. Nama yang singkat akan lebih mudah untuk diingat dan mudah mengejanya. Jika nama perusahaan Anda panjang, cobalah untuk mempersingkat dalam pemasaran Anda dengan menggunakan bentuk singkatan. Misalnya, jika perusahaan Anda disebut "Marketrends The Marketing and Social Research", biasakanlah untuk selalu merujuk hanya "Marketrends" karena itulah yang akan pelanggan katakan dan lebih mudah untuk diingat .

Slogan juga merupakan bagian penting dari sebuah merek perusahaan, tetapi memiliki prioritas setingkat dibawah nama perusahaan. Seringkali, perusahaan akan mengubah slogan mereka dalam upaya "re-brand" dengan gambar baru atau membuat slogan baru untuk setiap kampanye pemasaran yang mereka jalankan. Untuk menulis slogan yang efektif, buatlah daftar hal-hal yang perusahaan ingin wujudkan. Hal-hal seperti "layanan ramah", "kualitas tinggi", "harga rendah," dll. Kemudian tuliskan dalam frase pendek yang singkat untuk disampaikan dan upayakan untuk tidak lebih dari 5 kata. Ujilah beberapa pilihan favorit Anda dengan teman, keluarga, dan karyawan, kemudian pilihlah salah satu yang paling populer.

Citra dan Logo

Logo dan citra perusahaan mungkin juga merupakan bagian paling penting dari merek Anda. Sebuah logo yang baik harus sederhana, mudah dibaca, mudah diingat, dan mudah untuk mereproduksi dalam berbagai format sehingga Anda tidak akan menemui kesulitan untuk mencetaknya di berbagai pilihan media (stiker, selebaran, menu, iklan, kartu nama, tas, t-shirt, dll ).

Mendesain logo bisa membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi ada cara untuk melakukannya dengan harga murah berkat Internet. Salah satu metode yang paling populer untuk membuat logo misalnya dengan mengadakan kontes desain untuk kalangan mahasiswa desainer. Dalam kontes ini, beberapa desainer akan menyerahkan master bagi Anda untuk dievalusi, dan biasanya Anda bisa mendapatkan logo yang cukup berkualitas dengan biaya antara 1 hingga 3 juta rupiah.

Pilihan lain untuk pembuatan logo yang berkualitas dengan harga murah adalah LogoMaker, yang memungkinkan Anda dengan cepat dan mudah membuat logo Anda menggunakan aplikasi online. LogoMaker juga menyediakan alat untuk menempatkan logo Anda ke produk-produk promosi seperti t-shirt dan kartu nama. Logo Anda harus ditampilkan secara jelas di semua materi pemasaran Anda: iklan, brosur, kartu nama, pada mobil perusahaan, tas, dll.

Selanjutnya, mengembangkan skema warna yang cocok dengan logo Anda (desainer dapat membantu Anda untuk melakukan hal ini). Gunakan skema warna ini secara konsisten di seluruh pemasaran Anda. Kartu bisnis Anda, pekerjaan cat di toko Anda, seragam bagi karyawan, dll, semua harus cocok. Ini akan menyatukan semua aspek citra merek Anda dan membuat merek Anda lebih berkesan bagi pelanggan Anda.

Lakukan sesuatu untuk diingat

Aturlah toko Anda misalnya terpisah dari hiruk pikuk persaingan, sesuatu yang sederhana tapi mudah diingat, atau hal yang mungkin tidak biasa yang akan membuat pelanggan akan berpikir tentang toko Anda. Misalnya, selalu menggunakan tas ungu untuk barang dagangan Anda (atau apa pun warna yang Anda sukai dan tertera logo Anda). Atau mengadakan penjualan khusus pada hari ulang tahun Anda setiap tahun yang juga dipublikasikan. Berkreasilah! Sesuatu yang mudah diingat dapat dengan cepat menjadi bagian dari citra Anda dan membuat orang berbicara tentang toko Anda. Hal ini juga dapat membantu membangun "loyalitas merek" di mana pelanggan sadar akan lebih memilih untuk berbelanja di toko Anda karena mereka akrab dengan kekhasan Anda. Hal tersebut akan membuat toko Anda akan langsung dikenali (misalnya ketika pelanggan Anda melihat seseorang membawa tas berwarna ungu di sekitar kota, mereka akan langsung memikirkan toko Anda).

Terakhir, lakukan Brand Research (penelitian mengenai merek) untuk mengukur sejauh mana efektifitas merek yang telah Anda bangun tersebut. Melalui Brand Research ini, Anda akan diberikan informasi tentang kekuatan dan potensi merek Anda dibandingkan dengan merek pesaing.
Share on Google Plus

About Admin

Hi, I'm Sekar Ayu. Over the years, we have built a reputation through the knowledge and experience. Our services are always designed for customers with a competitive cost, and we combine experience with innovative solutions that can be integrated into your business applications.
    Blogger Comment
    Facebook Comment